Go to ...
Dr Ir Hj Khodijah Ismail, M.Si on YouTubeDr Ir Hj Khodijah Ismail, M.Si on LinkedInRSS Feed

September 23, 2020

Dr.Ir.Hj.Khodijah Ismail, M.Si dinyatakan lulus menjadi Pelatih Asesor BAN-S/M di Kepri



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Akreditasi Nasional melaksanakan kegiatan pelatihan pelatih Asesor di Hotel Aston Bekasi mulai tanggal 4 sd 8 april 2018. Kegiatan tersebut diikuti oleh 34 propinsi.  Saya Dr.Ir.Hj.Khodijah Ismail, M.Si merupakan salah satu peserta yang menyelesaikan rangkaian pelatihan hingga evaluasi terakhir dan dinyatakan lulus, alhamdulillaah.

Kegiatan pelatihan ini benar membutuhkan tenaga dan fikiran secara ekstra karena panitia telah menetapkan jadwal yang sangat padat dengan kehadiran yang mesti tepat waktu. Dimulai dari am 07.30 pagi hingga jam 22.00 wib baru kegiatan selesai untuk 1 hari. Jumlah peserta dibagi dalam 3 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 34 orang peserta yang didampingi masing-masing kelas 4 fasilitator. Pola pembelajaran kelas yang dilakukan mulai dari pemaparan materi, bermain peran, game, tugas individu dan tugas kelompok. Kadang-kadang fasilitator menyela pelatihan dengan menyanyi, tepuk tangan, serta cerita-cerita yang lucu dan menyegarkan. Kelompok ditukar-tukar setiap harinya. Sehingga diharapkan dapat mengenal satu sama lainnya. Seluruh peserta harus tidak gagap teknologi terutama menggunakan laptop dan menggunakan beberapa aplikasi. Selain teori peserta juga melakukan kerja praktek pengisian aplikasi SISPENA.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh 170 peserta yang mewakili 34 propinsi, masing-masing propinsi yang menjadi peserta terdiri dari 5 orang. Akreditasi adalah sesuatu yang sangat penting dalam menentukan kelayakan suatu sekolah atau madrasah, karena itu proses yang dilalui mestilah dilakukan secara profesional. Karena itu seorang pelatih asesor harus bisa menyampaikan dengan baik kepada calon  asesor untuk menjadi aseor yang mandiri, jujur, adil, dan profesional.

Propinsi Kepulauan Riau memiliki wilayah dengan karakteristik yang spesifik yaitu tersebar dalam ribuan pulau, karena itu untuk pemerataan ke wilayah-wilayah pulau terluar dibutuhkan asesor-aseor yang tangguh, sabar, mandiri dan profesional tersebut. Sehingga sekolah madrasah yang berada di pelosok-pelosok pulau-pulau terluar dapat segera terakreditasi, sehingga anak-anak pulau dapat meraih mimpinya ke jenjang yang lebih tinggi dengan melalui pendidikan yang berkualitas. Penghargaan yang diterima setelah dinyatakan lulus ToT tersebut adalah berupa sertifikat Pelatih Asesor BAN-S/M (admin.KH)

More Stories From Pendidikan

About adminKH,

error: Content is protected !!