Organisasi FORSILADI wadah berkumpulnya seluruh Doktor di Kepri

FORSILADI (Forum Silaturahmi Doktor Indonesia) adalah badan hukum perkumpulan para doktor lintas ilmu dan lintas profesi yang berskala nasional. Bagi propinsi Kepri sendiri FORSILADI (Forum Silaturahmi Doktor Indonesia) memegang peran penting dalam pembangunan di wilayah ini. Dimana pada organisasi ini para Doktor lintas Bidang keilmuan, lintas profesi, lintas lembaga dan lintas wilayah kabupaten kota se-provinsi Kepulauan Riau dapat bersilaturahmi, bertemu dan berdiskusi, mengembangkan ide-ide dan pemikiran cemerlang yang bisa berkontribusi bagi pembangunan Wilayah Kepri.

Di Indonesia organisasi ini berdiri awal tahun 2021, kemudian terus melebarkan sayapnya ke seluruh Indonesia melalui pembentukan DPW Forsiladi pada masing-masing propinsi. Pada Hari jum’at tanggal 10 Desember 2021 resmi dilantik seluruh pengurus DPW Forsiladi propinsi Kepulauan Riau, di Hotel Aston Kota Tanjungpinang. Acara pelantikan tersebut disejalankan dengan Dialog Pakar yang merupakan kegiatan perdana dan InshaAllah akan menjadi kegiatan rutin Forsiladi Kepri kedepannya. Pada hari pelantikan tersebut Bapak gubernur H. Ansar Ahmad dengan bangga memberi ucapan selamat atas terbentuknya Forum Doktor di Kepri dan dalam sambutannya beliau mengatakan sangat mendukung kehadiran organisasi ini serta kegiatan dialog pakar yang digelar oleh Forsiladi Kepri.

Tema yang diangkat dalam acara dialog pakar tersebut adalah “Pembangunan Kawasan Industri Maritim”. Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain Jendral Laksamana I TNI erg. R.A. Nora Lelyana, M.H.Kes., F.I.C.D dari Universitas Hangtuah Surabaya dengan topik “keamanan laut perbatasan”, Mubariq Ahmad, PhD dari Conservation Strategy Fund dengan topik “kebijakan ekonomi maritrim”, Mayjen. Dr. Kup Yanto Setiono, MA dari LEMHANAS dengan topik “Kebijakan Hukum Maritim”, Ahmad Baihaki dari World Bank dengan topik ” Prospek Pengembangan Industri Maritim di ASEAN, dan Syamsul Bahrum, PhD dari Asisten II Provinsi Kepri dengan topik “Kesiapan dan Dukungan Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Kawasan Industri Maritim”. Selama kegiatan dialog dipandu oleh moderator Dr. Golan Hasan, SE.,M.Si dari Universitas Internasional Batam.

Sebelum kegiatan dialog dimulai sekapur sirih juga disampaikan Rektor UMRAH Tanjungpinang yaitu Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi.,DEA. Diikuti oleh Ketua Umum DPP Forsiladi Dr. Endang Samsul Arifin, S.H.I.,M.Ag, yang hadir secara luring di Hotel Aston Tanjungpinang tersebut. Terakhir kata sambutan juga disampaikan oleh Ketua DPW FORSILADI KEPRI terpilih yaitu Dr. Ir. Hj. Khodijah, M.Si yang kesehariannya berprofesi sebagai dosen pada prodi Magister Ilmu Lingkungan (S2) dan Sosial Ekonomi Perikanan (S1) Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan rasa terimakasihnya atas partisipasi dari semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan pelantikan sekaligus Dialog Pakar seri perdana tersebut. Dalam sambutannya beliau berharap agar seluruh Doktor dari berbagai bidang keilmuan dan profesi di Propinsi Kepulauan Riau dapat berkontribusi aktif dalam pembangunan di propinsi Kepri, menuangkan segala ide dan pemikiran untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan pemanfaatan sumberdaya kemaritiman yang berlimpah di wilayah ini secara arif dan berkelanjutan.

Dr. Ir. Hj. Khodijah, M.Si (Ketua Forum Silaturahmi Doktor Indonesia) Propinsi Kepri

Leave a Reply