“Sosialisasi Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan UMRAH & Pelatihan Aplikasi Mendeley”

Profesi Guru adalah profesi yang mulia. Siap memilih profesi sebagai guru berarti siap menerima beban dan tanggung jawab yang berat karena tugas seorang guru itu tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Mencermati tugas guru yang sedemikian kompleks, sudah semestinya setiap guru meningkatkan kinerja dan kapasitasnya dalam meningkatkan profesionalitasnya, karena kualitas siswa yang dihasilkan turut ditentukan oleh kinerja dan kapasitas seorang guru. Guru dituntut tidak hanya mampu mentrasnfer ilmu pengetahuan dan seni kepada para siswa, tetapi juga guru harus mampu mengembangkan karir profesinya sehingga dapat tercipta guru yang profesional yang selalu memiliki ide-ide baru serta menuangkannya ke dalam bentuk karya ilmiah dan dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional. Sehingga para guru dapat menerapkan proses pembelajaran yang inovatif dan bahan pembelajaran yang up-to-date. Beberapa tahun terakhir, para guru menghadapi dilema dimana harus siap menghasilkan karya ilmiah sebagai persyaratan kenaikan pangkatnya. Dasar hukum sistem kenaikan pangkat guru ini adalah Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jika guru tidak bisa naik pangkat dan tidak bisa mengumpulkan angka kredit pada jenjang pangkatnya selama waktu yang ditentukan maka ada konsekuensi tersendiri berupa pencabutan tunjangan profesionalnya sesuai peraturan perundangundangan. Sistem kenaikan pangkat guru saat ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya, dimana terhitung mulai Januari 2013 kenaikan pangkat guru harus menggunakan sistem baru yaitu Penilaian Kinerja Guru yang dilengkapi dengan unsur-unsur dari kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Dr. Khodijah Ismail)

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, JURUSAN SOSIAL EKONOMI PERIKANAN UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI hadir selama dua hari bersama guru-guru Se-Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan dalam bentuk kegiatan sosialisasi jurusan dan pemberdayaan kepada masyarakat. Dalam kegiatan sosialisasi jurusan Sosial Ekonomi Perikanan dari UMRAH dihadiri oleh para dosen dan perwakilan mahasiswanya. Dosen yang hadir pada kegiatan sosialisasi adalah Dr. Khodijah Ismail, Lindawaty Zen, M.Sc., dan Fitria Ulfah, MM. Kegiatan sosialisasi dilakukan di dua lokasi yaitu Aula Kemenag Kabupaten Bintan yang terletak di Jalan Ceruk Ijuk Bintan (pada hari rabu tanggal 29 Maret 2017) dan Aula MAN Tanjungpinang Jalan Raja Ali Haji batu 4 Tanjungpinang (pada tanggal 1 April 2017). Yang menjadi peserta dalam kegiatan sosialisasi dan sekaligus pengabdian kepada masyarakat adalah perwakilan seluruh guru tingkat SLTP dan SLTA lingkungan kementerian agama Bintan dan Tanjungpinang. Masing-masing lokasi dihadiri oleh 50 peserta. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Bintan untuk kegiatan di Bintan dan Kepala kantor Departemen Agama Kota Tanjungpinang untuk kegiatan di Tanjungpinang.

Selain kegiatan sosialisasi, juga dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dalam penulisan karya ilmiah bagi guru-guru Se-Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang mulai dari tingkat SD hingga SLTA. Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan dan Dekan Fakultas Ilmu Keluatan dan Perikanan UMRAH yang sudah mengirimkan dosennya untuk memberikan pelatihan tersebut yang saat ini sangat dibutuhkan oleh para guru. Kepala Kemenag berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dan mengharapkan kepada jurusan Sosial Ekonomi Perikanan dapat terus membantu dan mendampingi para guru dalam penulisan karya ilmiah dan kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan bisa langsung menerapkan imu yang diperolehnya dalam menulis karya ilmiah.

Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dilaksanakan dari jam 08.00 wib pagi hingga jam 17.30 WIB. Yang menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan tersebut adalah ibu Dr.Ir.Hj.Khodijah Ismail,M.Si (Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan UMRAH). Seluruh peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Dalam paparan presentasinya Dr.Khodjah Ismail menyampaikan bahwa Aplikasi MENDELEY Merupakan piranti lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya. Fungsinya sebagai library yang disertai dengan kemampuan digunakan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Mendeley merupakan program aplikasi berdiri sendiri untuk mengelola kepustakaan dan mengembangkan jejaring sosial akademik yang bermanfaat untuk mengelola kepustakaan, saling berbagi kepustakaan secara online, dan mencari kepustakaan terkini. Dengan aplikasi Mendeley sitasi kini dapat dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu mengetik daftar pustaka
Dengan mendeley peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian melalui jejaring social mendeley. Mendeley versi Windows dapat diunduh gratis dari website resmi mendeley di:
https://www.mendeley.com/download-mendeley-desktop/windows/instructions/
Kepada peserta yang ingin memperoleh materi pelatihan dapat didownload melalui link :
Materi Pelatihan Aplikasi Mendely di MAN Tanjungpinang
Mewakili jurusan Sosial Ekonomi Perikanan UMRAH dan Dekan Fakultas Ilmu Kelautan Perikanan UMRAH ibu Dr.Khodijah Ismail mengucapkan banyak terimakasih kepada Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang beserta staf, Kepala MAN Tanjungpinang (Ibu Kartkia, S.Pd.I) beserta seluruh guru-guru yang bersedia hadir dari berbagai sekolah. Atas nama jurusan, fakultas dan Universitas maritim Raja Ali Haji, Dr.Khodijah mengharapkan bahwa ilmu yang didapatkan dari pelatihan dapat diterapkan oleh para guru dan menjadi berkah. Pesan terakhir dari Dr.Khodijah Ismail kepada para guru peserta sosialisasi dan pelatihan dapat memyampaikan keberadaan jurusan Sosial Ekonomi Perikanan UMRAH kepada siswa-siswa/wali murid dan jurusan ini bisa menjadi pilihan utama dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang akan datang. Karena sebagai perguruan tinggi negeri satu-satunya di Kepri, kini UMRAH semakin banyak mengukir kemajuan dalam dunia pendidikan, sehingga namanya kini dikenal baik secara nasional maupun internasional (Admin).