Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Lingkungan Kemenag Bintan

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Mencermati tugas guru yang sedemikian kompleks, sudah semestinya setiap guru meningkatkan kinerja dan kapasitasnya dalam meningkatkan profesionalitasnya. Guru dituntut tidak hanya mampu mentrasnfer ilmu pengetahuan dan seni kepada para siswa, tetapi juga guru harus mampu mengembangkan karir profesinya sehingga dapat tercipta guru yang profesional. Salah satu kendala yang sering ditemui untuk naik pangkat adalah karena guru memiliki kemampuan yang rendah dalam penulisan karya tulis ilmiah. Padahal kemampuan menulis seharusnya melekat bagi profesi sebagai seorang guru. Karena itu setiap guru wajib meningkatkan kemampuan menulisnya dengan cara mengikuti berbagai pelatihan yang terkait dengan penulisan karya ilmiah.
Dalam penulisan karya ilmiah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu memudahkan guru dalam menghasilkan karya dengan metode penulisan yang benar dan tepat. Salah satu aplikasi yang dapat membantu guru dalam menghasilkan karya ilmiah adalah Aplikasi Mendeley. Dengan menggunakan aplikasi ini guru akan mendapat kemudahan dalam mencari referensi terkait bidang keilmuannya serta melakukan sitasi dan penulisan referensinya dengan gaya penulisan yang diinginkan. Untuk itu pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley sangat penting dikuasai seorang guru untuk memudahkan dalam menulis karya ilmiah.
Pada Hari Rabu tanggal 29 Maret 2017 bertempat di Aula Kemenag Kabupaten Bintan, Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji melakukan roadshow ke berbagai stakeholder pendidikan untuk melakukan sosialisasi jurusan SEP FIKP UMRAH kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dibarengi dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melaksanakan workshop “Pengenalan Aplikasi Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah”. Yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut adalah ibu Doktor Khodijah Ismail dan ibu Lindawaty Zen. Peserta yang hadir dari berbagai guru tingkat SLTP dan SLTA lingkungan kementerian agama kabupaten Bintan.